Saturday, April 24, 2010

Jaringan 3G Bersama Terluas Dibangun di Eropa

T-Mobile dan 3 Inggris bekerja sama mengerjakan program infrastruktur bersama yang diperkirakan selesai pada akhir 2010. Infrastruktur tersebut, saat selesai, akan menjadi jaringan bersama terbesar di Eropa dengan cakupan layanan 3G terluas.

Sebelumnya, jaringan 3G HSDPA tersebut telah menawarkan cakupan bagi lebih dari 90 persen populasi Inggris. Pada akhir tahun ini, cakupan jaringan akan diperluas hingga mencapai lebih dari 98 persen populasi.

Guna mengantisipasi pertumbuhan penggunaan data dan internet nirkabel di masa datang, pada Desember 2007, T-Mobile dan 3 Inggris, sepakat untuk menggabungkan infrastruktur jaringan 3G mereka lewat usaha patungan 50:50, Mobile Broadband Network Ltd (MBNL).

Tujuannya adalah untuk dapat menciptakan jaringan 3G yang lebih cepat dan efisien dibandingkan dengan membangunnya sendiri-sendiri.

Jaringan bersama yang dihasilkan memerlukan menara yang lebih sedikit, mengkonsumsi energi yang lebih rendah dan memberikan layanan broadband bergerak yang lebih baik bagi pelanggan.

“Pertumbuhan trafik data di Inggris di luar perkiraan, dan kelihatannya akan terus tumbuh dengan cepat,” kata Graham Payne, managing director MBNL, pada keterangannya, Jumat 23 April 2010. “Dengan Nokia Siemens Networks, kami yakin dapat menyediakan jaringan 3G terbaik bagi pelanggan T-Mobile dan 3 Inggris,” ucapnya.

Saat ini, MBNL telah mengonsolidasikan lebih dari 7.000 situs menara dari total 12.500 lebih situs menara milik T-Mobile dan 3 Inggris. Ketika selesai, program integrasi ini juga akan mematikan lagi 3.000 situs menara yang sudah tidak terpakai.

Untuk memperkuat kapasitas jaringan, sebuah kontrak baru senilai lebih dari 614 juta dolar AS telah disepakati antara MBNL, mewakili T-Mobile UK dan 3 UK, serta Nokia Siemens Networks (NSN).

Kontrak ini akan mencakup penyediaan infrastruktur jaringan radio 3G, perencanaan jaringan bergerak, implementasi, optimalisasi dan pemeliharaan. Penyediaan peralatan dan layanan telah dilakukan.

Untuk memastikan kedua operator dapat menikmati manfaat dari perluasan jaringan MBNL, namun tetap dapat berfungsi secara independen, NSN mengimplementasikan platform Multi-operator Radio Access Network (Moran) yang menawarkan fleksibilitas yang memungkinkan penggunaan kembali infrastruktur yang ada dan mengurangi jumlah menara. (art)

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 comments to “Jaringan 3G Bersama Terluas Dibangun di Eropa”

Post a Comment